Beragam Olahraga Asli Indonesia, Ada Yang Sampai International, Lho!

Guys, selain memiliki pesona alam yang indah, Indonesia juga menyimpan cerita tentang olahraga tradisionalnya lho! Beragam olahraga asli Indonesia yang sangat terkenal dari pelosok negeri bahkan sampai ke negara tetangga. Bahkan beberapa olahraga tersebut sudah resmi dijadikan cabang olahraga nasional dan internasional lho! Nah, supaya nggak semakin penasaran, simak yuk deretan olahraga asli Indonesia.

1. Pencak silat

Kalau olahraga satu ini memang menjadi kebanggan Indonesia dan sudah banyak cabang olahraganya di kancah Internasional. Pencak silat sendiri merupakan seni bela diri dengan atau tanpa senjata dan memanfaatkan gerakan luwes yang penuh dengan kekuatan. Olahraga tradisional ini sudah masuk menjadi cabang resmi di Sea Games dan Asian Games. Bela diri pencak silat sudah dikenal sejak abad VII di masa kepemimpinan Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya di Nusantara. Wah, berarti udah lama banget nih olahraga pencak silat ini ditemukan!

2. Lompat Batu

Pernah coba olahraga tradisional Lompat Batu? Kalau kamu orang asli daerah Nias, pastinya sudah tidak asing dengan olahraga ini. Olahraga tradisional yang satu ini berasal dari Nias dan menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke sana.

Biasanya, lompat Batu Nias dilakukan oleh pemuda yang beranjak dewasa dan siap untuk menikah. Karena ini juga termasuk upacara adat, persiapan yang dibutuhkan juga sangat banyak sebelum masyarakat mau melakukannya.

3. Sepak Takraw

Pasti sudah ga asing kan dengan olahraga ini? Permainan Sepak Takraw bisa terbilang unik, yaitu menyepak bola dengan metode permainan seperti bola voli. Nah, banyak banget nih negara Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, dan Laos, yang mengklaim bahwa olahraga sepak takraw berasal dari negara-negara tersebut. Namun faktanya, sepak takraw merupakan olahraga tradisional asli Indonesia lho!

Olahraga satu ini ternyata berasal dari Sulawesi Selatan dan ditemukan pada masa Kesultanan Melayu pada abad ke-15 lho! Udah lama banget ya guys olahraga ini?

4. Karapan Sapi

Terakhir, ada Karapan sapi! Karapan sapi merupakan salah satu olahraga yang membuat Madura terkenal di mata dunia. Olahraga ini merupakan adu cepat sepasang sapi di atas lumpur dengan seorang pengendaranya. Kelihatannya sih mudah, tapi jangan salah! Karapan sapi harus dilakukan oleh seorang profesional yang sudah lama banyak latihan.

5. Pacu Jalur

Selain membutuhkan kekompakan antara satu sama lainnya, olahraga dayung asal Riau ini juga mengharuskan 40 hingga 60 awak untuk melewati landasan pacu sepanjang 25-40 meter dengan cepat lho! Biasanya, olahraga ini diadakan di desa-desa sepanjang sungai kuantan untuk memperingati Hari Besar. Tapi sekarang telah menjadi simbol identitas sosial karena para datuk-datung dan bangsawan duduk di antara para awak. Jadi kangen ya guys ada olahraga ini!

6. Tarik Tambang

Siapa yang nggak tahu olahraga ini? Yup, tarik tambang yang biasa dilakuin saat lomba 17 Agustus untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Olahraga yang satu ini memang membutuhkan kekuatan supaya bisa memenangkannya. Tarik tambang ini biasanya dilakukan oleh dua regu yang terdiri dari 3 – 5 orang. Tim yang memenangi pertandingan adalah yang mampu menarik tambang lebih hingga batas yang ditentukan. Seru banget, ya?

Nah, tadi adalah olahraga asli asal Indonesia yang DO MORE dan dikenal sampai negara tetangga tahu dan dijadikan cabang olahraga resmi. Ada nggak nih olahraga khas dari daerah kamu yang ingin dijadikan perlombaan sampai dikenal di kancah Internasional?

Others News & Events

Kebiasaan Sehari-hari untuk Rambut Sehat dan Bebas Khawatir Ketombe
Kebiasaan Sehari-hari untuk Rambut Sehat dan Bebas Khawatir Ketombe
Tenis: Olahraga Kekinian Para Artis. Apa aja manfaatnya sih?
Tenis: Olahraga Kekinian Para Artis. Apa aja manfaatnya sih?
SYARAT DAN KETENTUAN GIVEAWAY ZINC REFRESHING COOL 450ML
SYARAT DAN KETENTUAN GIVEAWAY ZINC REFRESHING COOL 450ML
Contact Us
©Lion Wings Indonesia 2019