NAIK GUNUNG… EKSISTENSI ATAU AKTUALISASI?

Selfie saat sunrise di puncak gunung. Foto di atas awan-awan. Vlog lagi mengibarkan bendera merah putih.

Atau foto dengan secarik kertas yang bertuliskan, “Gw sudah sampai puncak gunung ini, semoga lo bisa sampai sini juga yah…”.

Semua itu terlihat sangat keren yah? Pasti bagus buat dijadiin konten Instagram.

Harus diakui naik gunung lagi trending lagi nih. Ada yang bilang awal tren naik gunung karena film 5cm, ketika para aktor mendaki Gunung Semeru. Ingat jelas pasca film tersebut, gimana jalur pendakian gunung-gunung di Indonesia penuh sesak dengan antrian orang. Menurut data pengunjung yang dicatat oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango saja, tercatat mencapai 600 orang per hari. Kebanyakan mereka adalah anak muda generasi milenial. Angka 600 pengunjung per hari ini sesuai dengan kuota maksimal jumlah pendaki yang ditetapkan taman nasional. Mendadak para milenial mau nyobain olahraga outdoor yang dulu dianggap ekstrem ini karena sekarang, kalau belum mendaki gunung dan update media sosial, belum dianggap keren dan “kekinian”.

Tapi satu hal yang sedikit luntur adalah kegiatan mendaki gunung ini hanya dijadikan ajang para pendakinya, untuk mengisi konten akun media sosial masing-masing. Dimana seharusnya bisa menjadi aktualisasi mereka yang telah mendaki gunung sekian ribu kilometer di atas permukaan laut sebagai pecinta alam yang sesungguhnya. Sebagai orang yang bisa mengapresiasi alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Bahwa kita sebagai manusia di bumi ini hanyalah satu titik kecil jika dibandingkan dengan megahnya sebuah gunung.

Sebagai penutup, rasanya perlu kita ingetin juga kalau ketika kita mendaki gunung, untuk selalu menjaga kebersihan. Jadi pendaki gunung yang baik harus memperhatikan sampah yang dibawa, jangan sampai malah mengotori alam yang pengen kalian abadikan dengan cantik di Instagram, tapi kenyataannya di sana malah meninggalkan sampah.

Others News & Events

Menebak Karakter Cowok Berdasarkan Gaya Bajunya
Menebak Karakter Cowok Berdasarkan Gaya Bajunya
Gaya Pakaian Olahraga Ini Bikin Cowok Lebih Keren
Gaya Pakaian Olahraga Ini Bikin Cowok Lebih Keren
Contact Us
©Lion Wings Indonesia 2019